9 Permasalahan Utama dalam PC

Fatal error: Sistem Busy, " Enter untuk kembali ke Windows atau tekan Control-Alt-Delete untuk me-restart komputer Anda. Jika Anda melakukan hal ini Anda akan kehilangan informasi yang belum disimpan pada semua aplikasi yang terbuka. "

Mungkin hampir sebagian pengguna computer pernah mengalami permasalahan seperti di atas.
Anda baru saja diserang oleh Blue Screen of Death. siapa saja yang menggunakan Windows akan terbiasa dengan hal ini. Apa yang dapat Anda lakukan? Lebih penting lagi, bagaimana anda bisa mencegahnya terjadi?. Coba baca postingan di bawah ini, kemudian kasih komentar sama tambah-tambah dikit biar tambah Jos postingan saya ini…he.he.he.


1 Hardware konflik
Tips, apabila anda membeli komputer pastikan semua Driver terinstall dengan benar, kalau bisa gunakan driver terbaru dengan mendowload di internet sesuai dengan alamat vendor computer anda.
Bagaimana cara mengenali Hardware Konflik ?

Caranya :

* Start-Settings-Control Panel-System-Device Manager.

Apabila menemukan tanda ! kuning berarti ada konflik hardware, lalu bagaimana cara mengatasinya?, salah satu cara pertama yaitu coba update Driver atau sekalian install new driver anda dengan mencari di internet. Kan ada Om Google….he.he.


2 Rusaknya Ram
Hal ini bisa terjadi apabila anda sering melepas RAM dari slot biasanya yang sering rusak adalah kepingan emas (tembaga) lecet atau tergores, jadi pastikan apabila melepas RAM hati-hati terhadap kepingan emas (tembaga). Apabila mau Upgrade RAM pastikan PC sama misal : anda mau upgrade DDR2 PC 667 512 maka jika anda hendak upgrade harus memiliki spesifikasi sama yaitu DDR2 PC667 apabila memakai PC800 maka kemungkinan besar akan terjadi konflik (tidak terbaca).

4 Hard disk drive
Setelah beberapa minggu, kapasitas hard disk mulai berkurang kapasitas penyimpananya dikarenakan banyaknya file yang sudah disimpan. Hal ini akan membuat windows terasa berat dan lambat. Salah satu cara mengatasi masalah ini dengan memanfaatkan fasilitas windows yaitu defragmentasi hard disk. Hal ini bisa dilakukan setiap minggu atau lebih

* Start-Programs-Accessories-System Tools-Disk Defragmenter

Buka folder Windows di drive C dan menemukan Temporary Internet Files folder. Menghapus isi (bukan folder) untuk mendapatkan bebas banyak ruang. (Hal ini dilakukan apabila anda suka surving internet)

Kosongkan Recycle Bin setiap minggu untuk membebaskan lebih banyak ruang. Hard disk, drive harus di-scan setiap minggu untuk sektor kesalahan atau buruk. Buka

* Start-Programs-Accessories-System Tools-ScanDisk

Jika tidak menetapkan Penjadwal Tugas untuk melakukan operasi ini pada malam hari ketika komputer tidak digunakan.

5 VGA Konflik
Cara mendeteksi VGA konflik yaitu start à settings à control panel à system à hardware à device manager à klik display manager à apabila ada !! warna kuning berarti ada konflik. Sekedar catatan : apabila anda senang main game computer pastikan spesifikasi VGA sesuai dengan batas minimal spesifikasi game untuk menghindari masalah.

6 Virus
Kendala utama lambatnya system operasi, sampai terjadi Hang penyelesaian Install antivirus terbaru dan pastikan virus database up to date.

7 Software
Ada beberapa software yang tidak kompetible dengan merk dan system operasi tertentu, misal anda mengistall AVG free edition versi 8.5 atau PC Media versi terbaru pada operasi windows ME atau 98 otomatis akan terjadi Hang. Penyelesaian baca Readme software sebelum mengistall untuk mengetahui hal-hal yg berkaitan dengan software tersebut.

8. Overheating Processor
Processor dilengkapi dengan kipas pendingin agar tetap dingin. Jika kipas processor sudah tua pendinginan menjadi kurang maksimal bila terus berlanjut akan memyebabkan kerusakan processor . Salah satu cirri Overheating adalah lambatnya proses CPU sampai terjadinya hang apabila melakukan pekerjaan berat missal olah gambar dengan Photoshop atau Corell Draw.
Penyelesaian : Ganti kipas processor dengan yang baru, bersihkan thermal paste lama ganti dengan yang baru, ganti heatsink dengan yang lebih cepat menyerap panas.

9. Power supply masalah
Masalah yang sering timbul biasanya computer sering restart sendiri, sering gagal dihidupkan.

Cara mengatasi : Cek Kipas Power Supply apabila mati berarti ada kendala power suplply ganti dengan yang baru, syukur-syukur anda paham elektronika sehingga tidak perlu mengganti semuanya. Gunakan UPS apabila listri rumah tidak stabil.

0 komentar:

 

©  Copyright by Support to Smu N 1 Tanjung dari Grup Facebook Alumni"SMU N 1 TANJUNG"

Emaik ke Ikerrak@gmail.com